Jakarta, Otosight.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal all out menghadirkan ragam lini model terbaru sepanjang 2025 mendatang. Mulai Semester I/2025 pabrikan berlogo S ini tengah melakukan persiapan unit yang segera dipasarkan.
Kode keras sosok “misterius” eVX pun digadang-gadang berpeluang akan diluncurkan. Sinyal positif ini tertuang dalam sesi tanya-jawab di acara Suzuki Media Gathering 2025 bersama puluhan media yang digelar akbar di Ambyar Superclub, Mal Artha Gading, Jakarta Utara pada Jumat (17/1).
“Pastinya kami akan sangat menggebrak tahun ini dengan menyiapkan lini produk sesuai selera konsumen Indonesia. Kami juga akan melakukan penyegaran di segmen SUV,” ungkap Harold Donnel, 4W Marketing Director SIS saat pemaparan bersama para jajaran management SIS.
Alih-alih model terbaru itu adalah berbasis mobil listrik, toh sosok SUV ‘misterius’ yang dimaksud Harold pernah ditampilkan di GIIAS 2024 lalu yakni eVX alias Vitara listrik.
Latar panggung bertuliskan “SUV New Model & New Refreshment” mengisyaratkan kehadiran eVitara di Tanah Air. Sebagaimana eVitara telah melakukan debut pertamanya di India beberapa waktu lalu, bahkan product knowledge BEV SUV ini tampil world premiere di Milan, Italia.
Kehadiran eVX menjadi perbincangan seru yang selalu diincar para awak media otomotif. Apalagi Suzuki akan menggelontorkan modal baru. “Besarnya investasi senilai Rp 5 triliun ini untuk peningkatan fasilitas pabrik yang ada sekarang,’’ ujar Shodiq Wicaksono, Managing Director SIS.
Akumulasi Investasi Rp 22 Triliun
Dewi fortuna telah membawa keberuntungan Suzuki tahun lalu. Di awal acara media gathering, Zulfikar Rafi Al Ghani, Head of PR Strategic Planning Department SIS mengutarakan, kinerja Suzuki dalam industri otomotif mengalami peningkatan akumulasi investasi sebesar Rp 22 Triliun di akhir 2024.
Trend kendaraan ramah lingkungan memperkuat eksitensi Suzuki di segmen mobil hybrid. Akumulasi penjualan ritel All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid dan Grand Vitara mendominasi keseluruhan kendaraan penumpang Suzuki sebesar 58% selama Desember 2024.
Tahun 2024 menandai babak baru yang penuh transformasi bagi Suzuki Indonesia. Pada tahun ini, Suzuki meluncurkan tiga model baru di segmen roda empat serta memperkenalkan dua pembaruan produk di segmen roda dua.
Debut konsep mobil listrik pertama Suzuki eVX di Asia Tenggara di awal tahun lalu juga mendapat perhatian luas dari masyarakat Indonesia, sebuah langkah strategis yang memperkuat komitmen Suzuki terhadap mobilitas berkelanjutan.
“Kami berkomitmen untuk membangun masa depan yang lebih baik melalui kontribusi berkelanjutan, tidak hanya dalam bentuk kendaraan, tetapi juga untuk kehidupan masyarakat dan generasi mendatang,” ujar Joshi Prasetya, Dept Head of Strategic SIS.
SIS mencatat penjualan 69.392 unit mobil dan 14.040 unit sepeda motor. Segmen kendaraan ramah lingkungan, terutama model hybrid, menunjukkan peningkatan signifikan dengan pertumbuhan penjualan sebesar 30% atau total 17.594 unit sepanjang tahun.
Ekspansi jaringan layanan juga menjadi prioritas utama. Suzuki membuka enam dealer mobil baru, dua dealer sepeda motor, dan satu dealer OBM (Outboard Motor). Dengan dukungan lebih dari 5.500 wiraniaga profesional, Suzuki memastikan pelanggan mendapatkan layanan optimal di seluruh wilayah Indonesia.
“Suzuki bukan sekadar merek kendaraan. Kami adalah bagian dari kehidupan Masyarakat dari perjalanan sehari-hari hingga momen-momen berharga. Setiap inovasi yang kami hadirkan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” tambah Joshi.
Meraih 19 penghargaan bergengsi sepanjang 2024, Suzuki 2025 Indonesia semakin mempertegas posisinya sebagai pilihan utama masyarakat. Penghargaan ini mencakup berbagai kategori, mulai dari desain produk terbaik hingga kontribusi perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan.
Di tengah kompetisi yang semakin ketat, Suzuki tetap berada di garis depan. Dengan semangat inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan, Suzuki terus menjadi mitra terpercaya masyarakat dalam mewujudkan masa depan yang lebih hijau dan cerdas.